Mengenal VoWiFi, Teleponan Bisa Lewat Hotspot

Posted on

Jakarta – Setelah beberapa waktu lalu mengumumkan penggunaan teknologi VoLTE, Smartfren kini menyiapkan teknologi lainnya bernama VoWiFi.

Voice over WiFi, demikian kepanjangan dari VoWiFi. Prinsip kerja teknologi ini terbilang menarik, sebab bisa menjadi alternatif pengganti sambungan seluler. Seperti diketahui, umumnya untuk melakukan panggilan suara dibutuhkan sinyal seluler yang tersambung ke ponsel.

Nah, dengan VoWiFi ketika pelanggan kehilangan sinyal, misalnya saat berada dalam gedung, pelanggan bisa memanfaatkan sambungan WiFi yang tersedia untuk melakukan sambungan telepon. VoWiFi sendiri merupakan pengembangan lanjutan dari teknologi Voice over LTE (VoLTE) yang juga telah diterapkan Smartfren.

“Misalnya ketika pengguna berada di dalam ruangan yang sinyal datanya lemah. Dengan menggunakan sambungan WiFi, pengguna bisa melakukan panggilan suara bila fitur Vo-WiFi diaktifkan,” kata Hartadi Noviyanto, Mass Product Dept. Head Smartfren, di Exodus, Kuningan City, Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Mengenal VoWiFi, Teleponan Bisa Lewat HotspotFoto: detikINET/Yudhianto

Seperti VoLTE, untuk menggunakan VoWiFi pelanggan harus menggunakan perangkat yang secara hardware telah mendukungnya. Andromax B dan Andromax L yang baru dirilis Smartfren masuk daftar ponsel yang telah mendukung teknologi tersebut.

Meski telah mulai melakukan pengembangan, status VoWiFi di jaringan Smartfren masih beta tester. Meski demikian, Hartadi berharap VoWiFi sudah bisa diterapkan di sekitar semester I 2017.

“VoWiFi kami masih beta tester, belum sempurna. Perangkatnya (Andromax B dan Andromax L-red) sudah mendukung, peresmiannya diharapkan tidak lama lagi,” imbuhnya.

Keuntungan lain penerapan VoWiFi juga bakal terasa ketika pelanggan berada di luar negeri. Agar bisa menggunakan sambungan data atau melakukan telepon dan SMS, biasanya pelanggan diharuskan mengaktifkan layanan roaming. Dengan VoWiFi pelanggan hanya perlu mencari koneksi WiFi untuk melakukannya. (yud/rns)

Sumber : Detik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s